Selasa, 11 Juni 2013

Ketahanan Nasional


Apa itu Ketahanan Nasional ?
Ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu keadaan suatu bangsa yang ulet dan tangguh yang mampu mengembangkan ketahanan dan kekuatan nasional dalammenghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.


Konsep Ketahanan Nasional
Terdapat 2 dimensi dalam bingkai Kenegaraan,yakni secara Strategic Definition dan Economic non-strategic.
-          Strategic Definition terfokus pada suatu nilai untuk mempertahanakan independensi dan kedaulatam negara oleh militer
-          Economic non-strategic terfokus pada sumber ekonomi dan non militer yang diaplikasikan mewujudkan pelayanan hukum  dan penegakan hukum sesuai UU yang dilaksanakan polisi


Aspek Ketahanan Nasional
a.       Aspek Ideologi
Ideologi merupakan suatu sistem nilai yang menjadi panutan bangsa dalam nilai - nilai kehidupan. Ideologi dibagi menjadi 2 bagian yakni :
1.      Ideologi Dunia
      - Liberalisme (Individualisme)
      - Komunisme (Class Theory)
      - Paham Agama
2. Ideologi Pancasila

b.      Aspek Politik
Politik merupakan sebuah kekuasaan yang ada di suatu negara. Ketahanan Nasional mempunyai pengaruh besar terhadap politik. Politik yang terjadi di suatu negara ada 2 bagian :
1. Dalam Negeri Politik yang terjadi didalam negeri bermacam-macam. Efek yang ditimbulkannya baik itu terhadap ketahanan nasional, maupun dari ketahanan nasional yang dibangunnya dan berpengaruh langsung terhadap politik di suatu Negara
2. Luar Negeri Maksud dari luar negeri disini adalah agar seluruh bangsa khususnya bangsa indonesia mampu berinteraksi baik dengan bangsa yang ada di negara lain.

c.       Aspek Ekonomi
Pada dasarnya dalam aspek ekonomi pengaruhnya sangat besar, pengaruh ini ada yang bersifat negatif ada yang bersifat positif. Apabila di dalam ketahanan nasional mempunyai pengaruh pada aspek ekonomi, tetapi pengaruhnya bersifat negatif. Maka ketahanan nasional ini harus lebih di tata kembali agar dampak yang lebih besar tidak melanda bangsa indonesia.

d.      Aspek Sosial dan Budaya
Sosial adalah pergaulan hidup indonesia dalam bermasyarakat yang mengandung nilai-nilai kebersamaan dan tujuan bersama.
Sedangkan yang di maksud dengan budaya adalah sistem nilai yang di miliki oleh manusia, yang pada dasarnya sudah dimiliki sejak dulu. Wujud dari ketahanan nasional terhadap sosial budaya yakni bisa menciptakan keselarasan bersama atas dasar rasa social yang dimiliki oleh sesama bangsa indonesia serta budaya yang selalu melekat di hati dan pikiran mereka.

e.       Aspek Pertahanan dan Keamanan
Wujud ketahanan nasional pada aspek pertahanan dan keamanan yakni sebuah perlindungan dalam hal mempertahankan negaranya serta memberikan keamanan untuk bangsanya. Mempertahankan suatu negara, dengan harapan agar Negara tersebut nantinya bisa berkembang dengan cepat sekaligus dapat memberi keuntungan bagi bangsanya. Sedangkan keamanan adalah melindungi dan memberikan rasa aman dari segala bentukancaman apapun yang datang baik itu berasal dari dalam maupunluar negeri, yang nantinya akan menimbulkan suatu kerugian. Maka dalam hal ini kemanan sangat di perlukan, agar bangsanya dapat hidup tenang dan tentram serta terlidungi tanpa ada yang menganggu mereka. Karena rasa tenang, tentram dan mendapatkan perlindungan merupakan hak asasi setiap manusia.


Komponen Pertahanan
-          TNI
-          Polri

TNI dan Polri, jika dilihat secara komprehensif, terlihat ada perbedaan mendasar pada tugas, peran, dan fungsi TNI jika diperbandingkan dengan Polri, kedua lembaga tersebut berada pada ranah pengertian “Keamanan” yang berbeda antara satu dengan yang lain. Hal ini tidak dapat dipersamakan apapun ceritanya. Yang diperlukan saat ini adalah bagaimana mengatur hubungan antara TNI dan Polri sehingga greyarea yang tercipta dapat berjalan dengan selaras, serasi dan seimbang.


Kesimpulan
·         Pertahanan negara disebut juga pertahanan nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
·         Pertahanan nasional merupakan kekuatan bersama (sipil dan militer).Pertahanan nasional dikelola oleh Kementerian Pertahanan.
·         Sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer menempatkan Tentara Nasional Indonesia sebagai komponen utama dengan didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung. Sistem Pertahanan Negara dalam menghadapi ancaman nonmiliter menempatkan lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan sebagai unsur utama, sesuai dengan bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi dengan didukung oleh unsur unsur lain dari kekuatan bangsa.
           


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar